fbpx

9 Hal Penting untuk Meningkatkan Seo Website

9 hal meningkatkan seo

Meningkatkat SEO website adalah hal yang sangat penting. menurut HubSpot, 80% traffic website di mulai dari mesin pencari. Ini sebabnya mengapa SEO sangat penting untuk meningkatkan traffic website anda. Agar bisa muncul di halaman utama pencarian Google banyak parameter yang harus Anda kuasai. Perlu riset dan eksperimen mendalam karena Algoritma Google yang sering mengalami perubahan sehingga penting bagi anda untuk selalu mengikuti update terbaru Algoritma Google.

 

Jika website Anda berhasil tampil di halaman utama Google maka Visibility Anda juga akan meningkat. Ini artinya traffic Anda akan bertambah, kemudian conversion rate juga akan meningkat sehingga akan banyak mendapat lebih banyak revenue.

1. Status Indeksasi Website di Hasil Pencarian

Agar website bisa muncul di halaman utama, anda harus memastikan bahwa website sudah terindex. Untuk mengeceknya Anda bisa ketikkan di nama domain di Google Search. Hasil pencarian akan menampilkan hasil halaman-halaman yang sudah terindeks seperti pada gambar berikut ini.

Indeksasi Website

Pada bagian di atas merupakan hasil pencarian tersebut. Anda bisa membandingkan dengan jumlah halaman web yang sudah dibuat.

Jika mengalami perbedaan, kemungkinan ada halaman yang belum di indeks, penyebabnya adalah berikut ini :

 

  1. Ada kesalahan pengaturan di  file robot.txt
  2. Ada tag NONINDEX yang tertinggal di kode HTML
  3. Alamat website yang memiliki beberapa versi

2. Pengaturan di robots.txt

Robot.txt merupakan file website untuk menentukan  apakah URL boleh di indeks oleh google. Kesalahan pada robot.txt bisa menyebabkan halaman website tidak terindeks. Agar peringkat website Anda bisa naik yaitu dengan cara memudahkan ‘bot’ mesin pencari untuk mengeksplor halaman situs web yang penting.

Untuk mengetahui pengaturan robot.txt, akses file dengan cara mengetikkan (domain anda)/robots.txt di browser. Jika kolom  Disallow hanya berisi garis miring seperti contoh dibawah ini maka website anda belum terindeks oleh google.

baca juga : Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

 

Pengaturan di Robot TXT

Untuk mengatur robot.txt Metodenyai cukup mudah, Anda hanya perlu menulis beberapa perintah pada file robot.txt yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Sebelum melanjutkan, Anda perlu mengetahui beberapa perintah penting yang ada di robot.txt, berikut adalah beberapa perintah:


  1. User- agen : Perintah ini memiliki fungsi untuk menggambarkan nama / jenis robot yang melakukan pelacakan.
  2. Allow : Perintah untuk menunjukkan bagian mana pun yang dapat mengakses robot merangkak.
  3. Disallow: Perintah untuk menandatangani bagian bagian mana pun dapat diakses oleh robot pelacakan.
 

Sekarang, berikut ini kami menyediakan contoh pengaturan robot.txt pada WordPress yang benar:

User Agent

3. Menggunakan Sitemap untuk Membantu Indeksasi Website

Sitemap adalah kumpulan informasi di situs, yang berisi daftar banyak URL atau semua tautan/URL di situs. Sitemap itu sendiri dapat digunakan sebagai peta untuk mesin pencari untuk mengindeks URL baru di situs Anda dengan cepat. Anda tidak hanya dapat menemukan tautan di peta situs, tetapi juga metadata. Metadata adalah informasi yang mencakup kapan Anda terakhir memperbarui situs web dan seberapa sering situs web diperbarui. Berikut adalah cara membuat sitemap pada website yang berbasis wordpress.

  1. Caranya, install dulu Yoast SEO di WordPress Anda. Kemudian, klik menu Yoast SEO > Tools di sidebar.

 

Sitemap Website

2. Pada halaman file editor tambahkan path URL yang tidak ingin ditampilkan di hasil pencarian pada kolom Disallow.

 

File Editor

Misalkan halaman login dengan path URL wp-admin, dengan demikian Google tidak akan mengindeks halaman lain di website Anda. Jika sudah selanjutnya klik save changes to robots.txt.

robot.txt

4. Tambahkan Backlink

Secara sederhana, pengertian backlink adalah link di website orang lain yang akan mengarah ke website kita setelah diklik. Backlink ditempatkan di tempat yang berbeda. Bisa di kolom komentar, postingan atau footer. Kami menempatkan tautan dari situs web kami ke situs web lain dengan tujuan membuat situs web kami kredibel di mesin pencari. Tentunya untuk mendapatkan kredibilitas tersebut, website yang dibawa oleh link kita adalah website yang sudah memiliki kredibilitas di mata search engine.

Bagaimana cara membangun backlink berkualitas? Simak penjelasan berikut ini :

 

 

  1. Artikel Direktori, Artikel directory biasanya digunakan untuk kegiatan pemasaran yaitu untuk membangun backlink. Anda dapat membuat tautan balik dengan situs direktori artikel dengan membuat artikel berkualitas tinggi, lalu mengirimkannya ke situs direktori artikel.

  2. Blogwalking, Blogwalking adalah kegiatan di mana Anda mengunjungi beberapa blog dan kemudian meninggalkan komentar dengan meninggalkan URL blog Anda di kolom komentar. Blogwalking memiliki dua keuntungan, yaitu Anda bisa mendapatkan backlink, dan yang lainnya adalah dengan mengunjungi pemilik blog atau orang lain, Anda juga dapat memposting komentar di halaman komentar Anda untuk menarik perhatian pengunjung lain. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memposting komentar di blog atau website orang lain, sebaiknya tinggalkan komentar yang berkaitan dengan topik yang dibahas di blog, lalu tinggalkan URL Anda.

  3. Menempatkan Backlink Dengan Benar, Penempatan backlink juga akan mempengaruhi kekuatan backlink. Dengan menempatkan backlink yang relevan pada konten artikel maka mesin pencari akan membaca bahwa backlink yang di pasang memang benar benar berkualitas. Sehinnga akan memberikan peluang klik yang akan menjadi hal yang baik untuk mesin pencari.
 

5. Menggunakan HTTPS

HTTPS Website

HTTPS adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan SEO, karena terkait dengan keamanan website Anda. lalu lintas website anda akan melalui protokol HTTPS, berkat data lalu lintas enkripsi tersebut data tidak bisa dibaca oleh siapapun.

Selain itu HTTPS juga bermanfaat sebagai tanda bahwa pengunjung bisa mengakses website dengan aman. soalnya , web browser sekarang menampilkan label “Not secure” untuk website yang belum menggunakan HTTPS.

6. Optimasi Kecepatan

Optimasi Kecepatan Website

Ketika Anda mengunjungi situs web yang lambat, Anda pasti kesal, bukan? Google juga sama. Oleh karena itu, kecepatan website juga menjadi salah satu faktor SEO. Nah, untuk mengoptimalkan kecepatan website tentunya Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi kendala. Ada banyak alasan mengapa situs web melambat, termasuk kinerja server yang buruk, file situs web yang tidak terkompresi, dan cache yang tidak aktif.


Jangan repot-repot mengecek alasannya satu per satu, Anda bisa menggunakan tools seperti Google PageSpeed Insights. Alat ini tidak hanya akan mengevaluasi kecepatan pemuatan situs web Anda, tetapi juga memberi tahu Anda mengapa kecepatannya tidak optimal. Kabar baiknya adalah alat ini gratis dan tidak memerlukan instalasi. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web,

Berikut adalah cara mempercepat loading website anda :

1. Optimasi gambar
Gambar menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap
loading speed pada website, jadi sebelum mengupload gambar pada website,
alangkah lebik baiknya dikompres terlebih dahulu agar size nya lebih
kecil.

2. Aktifkan chaching
Caching merupakan proses penyimpanan data halaman website secara sementara di browser. Mengaktifkan chace akan mengurangi beban pemrosesan data di dalam website, sehingga website akan lebih cepat loadingnya.

7. Gambar Menggunakan Alt Text

Alt text menunjang Google guna menguasai foto yang terdapat di halaman- halaman website. Tidak hanya itu, alt text juga dapat menolong foto timbul di hasil pencarian foto Google.

Karena kelihatannya remeh, tidak sedikit orang yang meng- upload foto tanpa memberinya alt text. Sementara itu, ini merupakan kesalahan sebab Kamu menyia- nyiakan peluang optimasi.

Jika bernazar membetulkan error satu ini, Kamu tidak butuh susah- payah mengingat foto mana saja yang tidak mempunyai alt text. Kamu tinggal memakai plugin Alt Text Tools.

Sehabis menginstal plugin tersebut, klik Tools
Alt Text Tools di sidebar WordPress. Setelah itu, klik Unduh Alt Tag CSV di taman berikutnya.

Dalam file CSV yang diunduh, Anda hendak melihat catatan foto di web serta alt text- nya. Anda dapat memakai catatan ini buat menciptakan gambar- gambar yang tidak mempunyai alt text.

8. Memanfaatkan Schema untuk Menampilkan Rich Snippets

Schema Rich Snippets

ada beberapa jenis rich fragment , antara lain tempat usaha, produk, dan tutorial. Seperti yang Anda ketahui, manfaat rich snippet tidak hanya dalam menambahkan informasi ke hasil pencarian. Google juga menggunakan informasi ini untuk memahami konten halaman Anda. Nah, untuk menampilkan fragmen kaya, Anda harus menambahkan skema. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan kode ke halaman web. Namun, ada cara mudah untuk menggunakan plugin All In One Schema Rich Snippets. Dengan plugin ini, Anda hanya perlu mengisi kolom informasi yang dapat ditampilkan sebagai rich snippet.

9. Website Mobile-Friendly

Ada tiga alasan kenapa website harus mobile friendly. Kira-kira begini penjelasan singkatnya:

 

  • Jumlah traffic dari ponsel makin meroket━ Lebih dari setengah orang di dunia mengakses internet melalui smartphone. Diprediksi Statista, jumlahnya masing- masing tahun hendak terus meningkat. Ini sebab jumlah pengguna smartphone pula turut meningkat bersamaan waktu.
  • Mobile- first index━ Google memprioritaskan indexing web pada tipe mobile. Dari hasil indeks ini pulalah, Google memastikan ranking pencarian suatu web.

 

  • Mobile Search Engine Optimization( SEO)━ Logika mobile SEO sedikit berbeda dengan tipe desktop. Melalui SEO tipe mobile, Kamu dapat menangkap kesempatan traffic dengan lebih baik lagi.
 

Misalnya Kamu tidak memiliki web tipe mobile friendly, ya habislah telah. Kamu dapat kehabisan wisatawan, ranking di mesin pencari, leads, serta cuan dari pembeli. Jadi saat sebelum terlanjur, baiknya Kamu gerak kilat buat menghindarinya. Lalu, gimana triknya membuat web mobile friendly? Berikut merupakan jawabannya:

 

  1. Install tema yang responsif;
  2. Buat menu yang simpel;
  3. Sertakan kolom pencarian;
  4. Pilih jenis font yang tepat;
  5. Pastikan ada whitespace cukup;
  6. Buat form yang singkat;
  7. Lakukan optimasi gambar;
  8. Kurangi pop-up;
  9. Pakai AMP;
  10. Tinggalkan Flash
  11. Jadikan kecepatan sebagai prioritas;
 

Tidak perlu takut dengan banyaknya metode di atas. Kami hendak temani Anda melaksanakan seluruhnya langkah per langkah.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated
Open chat